Legislator Milenial NasDem Dapil KalBar II Yessy Melania Gelar Kegiatan 4 Pilar MPR RI Bersama Forum Peduli Generasi Muda

banner 120x600

JKM COM, MELAWI – Generasi Muda adalah Subjek Kebangsaan dalam Menyongsong Generasi Emas 2045 Indonesia. Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang di ramu dengan Seminar Membangun Generasi Emas Melalui Inovasi, Kepemimpinan, dan Kewirausahaan.

Kegiatan tersebut di Gelar Yessy Melania Anggota MPR RI Bersama Forum Peduli Generasi Muda (FPGM) Berlangsung di Aula Kurnia Waterpark Desa Tembawang Panjang, Kecamatan Nanga Pinoh pada Selasa,(23/01/2024) Pagi.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri dari berbagi Organisasi Kepemudaan seperti GMNI, PMKRI, BEM STKIP, hingga Siswa-siswa SMA 1 Melawi menjadi bagian seminar pagi itu.

Mengawali acara ketua Panitia Forum Peduli Generasi Muda Hendri, menyampaikan bahwa seminar ini ingin memastikan generasi muda melawi bisa menjadi generasi emas yang memiliki inovasi, kepemimpinan dan kewirausahaan.

“Forum ini adalah wadah untuk anak muda melawi berjeraring. Ada setidaknya 200 peserta generasi muda melawi yang ikut pagi ini siap mendapat bekal dari para narasumber,” Kata Hendri.

Narasumber Kegiatan diisi oleh 3 Tokoh Penting Kab. Melawi; Yessy Melania Anggota MPR RI Dapil KalBar II, Tokoh Perempuan Melawi Ibu. Nur Betty, dan Bartolomeus Brahma Toko Muda & Pengusaha Muda Melawi. Paket lengkap dalam membekali pemuda pemudi Melawi dalam menyongsong Bonus Demografi Indonesia Emas 2045.

Sementara Narasumber Ibu. Nur Betty mengatakan Inovasi Digital harus dimulai dari keberanian bermimpi dan fokus pada ketekunan mengasah kompetensi. “Jika anak-anak tidak berani bermimpi maka inovasi tidak akan tercipta”, Ucapnya.

Disisi lain Brahma menyampaikan bahwa Bisnis Rintisan (StarUp), harus dimulai dengan kesukaan, kecintaan, dan konsep yang jelas. “Gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi. Mental tidak mudah menyerah harus dimiliki anak muda dalam menjalankan inovasi kemajuan”, tuturnya

Sementara itu Anggota MPR RI Yessy Melania, menyampaikan bahwa Inovasi, Kewirausahaan, dan Kemajuan harus dimulai dari sebuah Kepemimpinan. Kepemimpinan yang lahir dari sebuah kesadaran dalam diri & kegigihan dalam berproses serta belajar.

“Nilai-nilai Kepemimpinan harus dijadikan sebagai gaya hidup dalam keseharian. Begitu juga dengan Nilai-nilai Kebangsaan 4 Pilar MPR RI Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI harus terus mejadi bagian dalam generasi muda Melawi”, Pesannya

Sebanyak 200 Peserta hadir secara antusias dan semangat mengikuti seluruh ranhkaian acara. Berbagai pertanyan disampaikan peserta pada narasumber yang ada. Salah satunya Marsia dari STKIP Melawi bertanya bagaimana membuat anak-anak muda memiliki kesadaran Inovasi ditengah keterbatasan daerah?

Lanjut Andika dari STKIP Melawi mempertanyakan bagaimana era globalisasi & kemajuan teknologi digital bisa ditangkap sebagai peluang mahasiswa sehingga tidak memberikan dampak buruk bagi kehidupan anak muda melawi terlebih berkaitan dengan nilai-nilai budaya kebangsaan kita?

Narasumber menjawab bahwa semua kendali generasi ada pada kesadaran diri dan nilai-nilai diri generasi muda yang paham akan nilai-nilai 4 Pilar MPR RI dan Kecintaan Kebangsaan. Jika kesadaran diri sudah kita pahami, kami yakin generasi muda bisa mengambil peran bukan justru kalah pada pengaruh buruk. Penguatan nilai-nilai kebangsaan harus terus digalakkan pada generasi muda penerus bangsa. Kami yakin generasi muda Melawi melalui Forum Peduli Generasi Muda menjadi wadah baik generasi muda melawi berjejaring, berhimpun, belajar dan saling menjaga bahkan harapannya bisa saling berinovasi usaha untuk kemandirian dan kemajuan generasi muda melawi. (Yesaya/Tio).


banner 336x280

Tinggalkan Balasan