Tingginya Curah Hujan Sebabkan Banjir Bandang, Polsek Sayan Lakukan Monitoring dan Imbau Warga Agar Waspada

banner 120x600

Melawi-Kalbar, JKM | Tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Sayan, Kabupaten Melawi pada Sabtu (11/9/21) sejak pukul 01.00 WIB sampai dengan pukul 07.00 WIB pagi, mengakibatkan beberapa Sungai meluap dan menyebabkan banjir bandang di sejumlah Desa. Personil Polsek Sayan Lakukan monitoring.

Kapolsek Sayan, Iptu Sutadi, melalui Plh Polsek Sayan, Ipda Noviar Yunus mengatakan curah hujan tinggi menyebabkan beberapa sungai di Kecamatan Sayan meluap, khususnya Sungai Sayan, Sungai Kanoka (anak Sungai Sayan), Sungai Jabai, dan Sungai Boli. Akibatnya beberapa Desa di wilayah Kecamatan Sayan mengalami banjir bandang dan merendam ratusan rumah warga.

“Adapun beberapa Desa yang mengalami banjir bandang yaitu, Desa Mekar Pelita, Desa Bora, Desa Nanga Kasai, Desa Meta Bersatu, Desa Lingkar Indah, Desa Sayan Jaya dan Desa Nanga Sayan. Ketinggian air rata-rata 50 Senti meter hingga 150 Senti meter”. Kata Ipda Noviar Yunus, Sabtu (11/9) malam.

Ipda Noviar Yunus juga menjelaskan, akibat banjir bandang tersebut, ratusan rumah warga terendam air yaitu, Desa Mekar Pelita sebanyak 120 rumah, Desa Bora sebanyak 150 rumah, Desa Nanga Kasai sebanyak 30 rumah, Desa Meta Bersatu sebanyak 70 rumah, Desa Lingkar Indah sebanyak 40 rumah, Desa Sayan Jaya sebanyak 30 rumah dan Desa Nanga Sayan sebanyak 40 rumah.

“Sebaran jumlah rumah warga yang terendam akibat banjir bandang tersebut pada dusun-dusun dengan daratan rendah”. Ucapnya.

Selain itu, Ipda Noviar Yunus juga menyampaikan, banjir bandang juga memutus ruas Jalan Raya Provinsi Lintas Poros Tengah Kalimantan di beberapa titik. Akibatnya, arus transportasi roda 4 dan 6 lumpuh total.

“Ada 5 titik ruas jalan provinsi yang terputus di sepanjang jalan yang melintasi Desa Bora, 1 titik di desa Nanga Kasai dan 1 titik di Desa Lingkar Indah, Dusun Tanjung Jati jembatan Sungai Kenoka dengan ketinggian air hingga leher orang dewasa dan kami menghimbau warga agar selalu waspada dan berhati-hati untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan”. Jelasnya.

Dikatakan Ipda Noviar Yunus, hingga saat ini debit air sungai Jabai, Sungai Boli yang membanjiri sebagian wilayah Desa Mekar Pelita, Desa Meta Bersatu, Desa Nanga, Kasai, dan Desa Bora sudah berangsur surut. Sedangkan debit air di Sungai Kenoka dan Sungai Sayan masih bertahan. Diperkirakan akan naik jika curah hujan masih terjadi di hulu sungai.

Penulis : Dk/Ade S.


banner 336x280

Tinggalkan Balasan