Tingkatkan Keterampilan dan Disiplin Satpam, Satbinmas Polres Melawi Gelar Latihan di Mapolres

banner 120x600

Melawi – Kalbar, JKM | Satbinmas Polres Melawi menggelar kegiatan pembinaan keamanan pam swakarsa (Binkamsa). Kegiatan pembinaan dan pelatihan Satpam tersebut digelar di Mapolres Melawi, Sabtu (30/10/2021) pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasat Binmas, Iptu Haryono, dihadiri juga oleh anggotanya Aiptu MTL Tobing Kanit Binpolmas, Bripka Ngadino, Bripka Juliansyah Kanit Bintibmas dan Brigpol Susilowati.

Anggota Satpam yang mengikuti pembinaan dan pelatihan ini berjumlah 21 orang. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti penggunaan masker, mencuci tangan saat memasuki Mapolres Melawi dan menjaga jarak.

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas, Iptu Haryono menyampaikan kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Satpam tentang tugas pokok dan fungsinya, disetiap perusahaan yang memperkerjakannya.

Lanjutnya, “Satuan pengamanan (Satpam) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan Polri, sesuai dengan Perpol Nomor 04 tahun 2020 tentang Pam Swakarsa. Walaupun memiliki peran dan fungsi yang terbatas disekitar tempat kerjanya, namun tugas Satpam sangat membantu Kepolisian dalam mencegah terjadinya tindak pidana atau mencegah gangguan kamtibmas lainnya,” ungkapnya.

“Kegiatan ini, akan terus dilaksanakan secara rutin guna memberikan pelatihan dan pembinaan, mengingat peran satuan pengamanan (Satpam) sangat penting dalam membantu tugas Polri,” terangnya.

Adapun materi pelatihan dan pembinaan Satpam yaitu menjelaskan sistem pengamanan swakarsa, peran Satpam, pengecekan seragam Satpam sesuai dengan Diklat yang telah diikuti, dan melaksanakan latihan baris berbaris guna melatih gerakan dalam berbaris serta melatih disiplin anggota Satpam.

Dalam kegiatan tersebut juga, anggota Satpam diwajibkan menerapkan protokol kesehatan diarea kerjanya, untuk mencegah penyebaran maupun penularan Covid-19.

(Humas Polres Melawi)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan