Direktur Eksekutif Field Indonesia: BBPP Binuang Sangat Representatif Untuk Penyelenggaraan Pelatihan Pertanian

banner 120x600

TAPIN – KALSEL, JKM | Yayasan FIELD (Farmer’s Initiatives for Ecological Livelihoods, and Democracy) adalah sebuah Organisasi Non Pemerintah yang mendukung masyarakat melalui pendidikan pemberdayaan.

Yayasan FIELD secara umum bergerak dibidang Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ekonomi, Pendidikan, Kebencanaan, Kesehatan, Air Bersih dan Sanitasi, dan Sosial melalui kegiatan pelatihan, pendampingan, Sekolah Lapangan, dan advokasi yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat.

Dalam rangka mendukung dan ikut berpatisipasi aktif  dalam Program Pemerintah, sesuai arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo  pada tanggal 22 Februari 2021 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan,  asap, kabut, dan polusi udara dari pembakaran hutan dan lahan,   maka Yayasan FIELD mengembangkan Program Udara Bersih Indonesia. 

Program tersebut dikembangkan dalam upaya untuk mengurangi resiko perubahan iklim dan pembakaran lahan pertanian dengan mempromosikan dan memberikan pelatihan tentang praktek pertanian yang dapat mewujudkan Udara Bersih melalui penerapan teknologi Mulsa Tanpa Olah Tanah, Bedengan Kayu, dan Ayam Seresah Tebal; Selain itu juga melakukan penguatan organisasi petani/koperasi; Meningkatkan mata pencaharian dan kualitas hidup masyarakat. 

Program Udara Bersih Indonesia sedang dikembangkan di 8 Propinsi (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Barat dan Lampung),serta 24 Kabupaten, dan 240 desa.

Dalam upaya mendukung pelaksanaan dan pengembangan Program Udara Bersih Indonesia di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Yayasan FIELD menyelenggarakan Pelatihan Kader Udara Bersih Indonesia.

Pelatihan ini  yang  dilaksanakan selama 7 hari mulai dari tanggal 11 – 17 Desember 2021 yang betpusat di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Pelatihan diikuti oleh 36 orang petani dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, terdiri dari 18 orang petani dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kabupaten Banjar, Banjar Baru, dan Barito Kuala) dan 18 orang petani dari Provinsi Kalimantan Tengah (Kabupaten Katingan, Pulang Pisau, dan Kapuas).

Hadir juga 4 orang Fasilitator Provinsi dari provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Provinsi Lampung.

Program Udara Bersih Indonesia dilaksanakan selama 4 tahun, dari Tahun 2020 – 2024, dan diharapkan bisa menjadi model yang dapat dikembangkan di seluruh Indonesia. 

Direktur Eksekutif Field Indonesia, Heru Setyoko saat pelatihan berlangsung mengatakan, “Kami memilih BBPP Binuang sebagai tempat pelatihan, karena representatif dengan Fasilitas memadai,” ungkapnya.

“Tidak hanya fasilitas kelas, namun terdapat tempat praktek seperti lahan sawah,peserta dapat membuat mulsa tanpa mengolah tanah, pengolahan limbah, serta peternakan. Jadi disini sangat baik sekali sebagai tempat penyelenggaraan peatihan Pertanian” pungkasnya.

Kepala BBPP Binuang, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dalam kesempatan terpisah menyampaikan, “Kita akan selalu berupaya untuk menjadi Center Of Excellent dalam penyelenggaraan pelatihan,” ungkapnya

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa guna mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern, perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan.

“Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator),” ujar Dedi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementan akan berusaha mewujudkan pertanian Indonesia yang maju mandiri modern. “Oleh karena itu, kita harus bertindak cepat agar mencapai kinerja yang lebih baik. KIta juga harus memaksimalkan potensi SDM yang kita punya, juga memanfaatkan teknologi yang mutakhir,” katanya.

Menurutnya, Indonesia adalah negara besar yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

“Kalau kita mau meramu apa yang paling cepat untuk dipersiapkan besok, maka yang paling siap adalah pertanian. Kita punya kultur tanah yang luar biasa. Sinar matahari yang melimpah, air yang mencukupi, dan jumlah manusia yang tidak kecil. Tapi itu semua harus didukung sains, riset dan teknologi. Oleh karena itu pertanian membutuhkan Kemendikbud untuk menyiapkan SDM yang lebih baik,”

(Yusuf/Irfan)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan