jkm.com jkm.com

Cegah Wabah PMK, Polsek Ella Hilir Lakukan Pengecekan dan Data Hewan Ternak

  • Bagikan

JKM. COM, MELAWI – Dalam rangka mencegah serta mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Wilayahnya, Bhabinkamtibmas Polsek Ella Hilir Jajaran Polres Melawi Kepolisian Daerah Kalimantan Barat melaksanakan pengecekan dan pendataan hewan ternak serta pemiliknya di Desa Domet Permai dan di Desa Popai Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Minggu (15/5/2022) sore.

Adapun personel yang melaksanakan kegiatan yaitu Kanit Binmas Polsek Ella Hilir, Aipda Umar Irwansyah dan Bhabinkamtibmas Desa Popai, Bripka Maskur.

banner 336x280

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kapolsek Ella Hilir, Iptu Widaya menyampaikan personel Polsek Ella Hilir telah melakukan sambang dan pendataan pemilik ternak seperti sapi dan kambing di dua Desa yaitu Desa Domet Permai dan Desa Popai, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi.

“Kegiatan pendataan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan monitoring terkait terjadinya wabah atau virus PMK (penyakit mulut dan kuku) yang saat ini menyerang ternak sapi,” jelasnya.

Dirinya juga mengatakan, pendataan dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya hewan ternak seperti sapi yang dipelihara oleh masyarakat terkena penyakit mulut dan kuku (PMK). Allahamdulilah, dari pengecekan di dua Desa yaitu Desa Domet Permai dan Desa Popai ini tidak ditemukan adanya hewan ternak masyarakat yang terdampak penyakit mulut dan kuku.

“Kami mengimbau kepada masyarakat apabila ditemukan gejala PMK pada hewan ternak, agar segera melaporkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Melawi melalui Desa. Ciri-ciri hewan ternak yang terpapar PMK yaitu demam, pincang dan mulut berliur,” tutupnya. (Humas/Red).


banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan