Penilaian Indikator Kinerja BPPSDMP BBPP Binuang

banner 120x600

JABAR – JKM | Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui seluruh Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) termasuk Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan terlihat ikut serta mengikuti rapat Konsolidasi Laporan Kinerja Tahun 2021 di Holiday Inn Hotel Bandung, Provinsi Jawa Barat pada tanggal 12 – 14 Januari 2022 selama 3 hari. 

Pertemuan ini diagendakan untuk membahas sejumlah persiapan dan teknis penyusunan Laporan Kinerja Tahun untuk seluruh UPT Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Kementerian Pertanian.

Adapun peserta rapat pertemuan ini adalah Pertemuan dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian; Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc. Kegiatan diikuti oleh Koordinator dan Sub Koordinator Program dan Kerjasama Pelatihan, Fungsional Umum Program dan Kerjasama Pelatihan, Widyaiswara, petugas penyusun Laporan Kinerja (LAKIN) UPT Pelatihan, petugas Admin Elektronik Penilaian  Indikator Kinerja (EPIK) UPT Pelatihan, P4S Sawargi, P4S Budi Rahayu. 

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ibu Dr. Ir. Leli Nuryati, M.Sc yang hadir secara virtual menyampaikan harus SOP Indikator Kegiatan Sasaran Kinerja sistem e-PIK dan harus berpedoman pada 5 komponen yakni Perencanaan kinerja, Pengukuran kinerja, Pelaporan kinerja, Evaluasi internal dan Caoaian kinerja. IKSK tidak saja hanya jumlah outputnya tetapi kapasitas penerapan purnawidyanya sebagai outcome. 

Koordinator Kelompok Program dan Kerjasama Pelatihan. Ramadani Saputra, SST, M.EP didampingi Subkoordinator Kelompok Program Pelatihan Edi Nursantoso, SAB menyampaikan Aplikasi EPIK sebagai aplikasi pengukuran capaian kinerja diharapkan dapat memudahkan dan mempercepat alur penyampaian data, sehingga admin pengelola EPIK juga harus proaktif dalam pengolahan data. 

Widyaiswara BBPP Binuang, Tota Totor Naibaho dan Ha Sudoni sebagai perwakilan BBPP Binuang dalam pertemuan tersebut menyampaikan BBPP Binuang telah melakukan sinkronisasi data ESIPP dan EPIK sehingga diperoleh kesamaan jumlah data purnawidya, juga telah disepakati bahwa UPT Pelatihan harus menyampaikan data final peserta yang menerapkan materi pelatihan kepada Pusat Pelatihan Pertanian yang disertai tanda tangan Kepala UPT serta juga telah menyusun draft SOP Pengisian EPIK yang akan disempurnakan kemudian. 

“Target Indikator Kinerja Sasaran Kegiatan (IKSK) Pusat Pelatihan Pertanian tahun 2021 yang yang dituangkan dalam Perjanjian Kinerja (PK) dan diturunkan ke UPT Pelatihan adalah a) Persentase SDM yang meningkat kapasitasnya dengan target 75% b) Tingkat kepuasan peserta pelatihan terhadap penyelenggaraan pelatihan dengan target 3,91 skala likert. Oleh karena itu target tersebut harus tercapai disertai dengan evidence pendukungnya” jelasnya.

Tingkat kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan pelatihan dapat digunakan UPT Pelatihan untuk melihat kesesuaian antara penyelenggaraan pelatihan dengan ekspektasi peserta pelatihan, sehingga diperlukan upaya evaluasi dan perbaikan agar sesuai dengan sasaran kegiatan.

(Irfan)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan