Drs.Kluisen : Hoax, Program PSR Akan Dibantu Dari Dana APBD Melawi

banner 120x600

Jkm # Melawi, Kalbar – Program Pemerintah Pusat untuk Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang dilaksanakan oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Bale Yotro, Desa Beloyang, Kecamatan Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi mulai melakukan penanaman pada Jum’at (13/8/21) lalu.

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Melawi, Drs.Kluisen, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Munsif, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Melawi,H.Heri Iskandar, Kadis Pangbun Kabupaten Melawi, Daniel, Iptu Samuji yang mewakili Kapolres Melawi, Camat Belimbing Hulu, Agus Badrun, Ketua Apkasindo Kabupaten Melawi, Sopian Hadi, Pimpinan Cabang Bank BNI 46 Melawi, pimpinan perusahaan mitra Program PSR, serta anggota KUD Bale Yotro Desa Beloyang kegiatan digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Munsif berharap program PSR ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani sawit agar memiliki kebun sawit yang lebih produktif. Terkait masa perpanjangan PSR sepenuhnya otoritas Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) yang di bentuk oleh pemerintah pusat. Namun peserta PSR dapat mengusulkan perpanjangan sebagai bahan pertimbangan.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Melawi, Drs.Kluisen dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung program PSR yang ada di Kabupaten Melawi. Menyikapi isu yang beredar di kalangan petani kelapa sawit, bahwa akan ada bantuan dana PSR oleh Pemkab Melawi melalui dana APBD Kabupaten itu tidak benar.

“Pemda Melawi mendukung sepenuhnya program PSR ini karena memang program ini adalah program yang sangat baik. Ada yang mengatakan bahwa pemerintah Daerah akan membantu ke depan seratus persen PSR, itu Hoax. Tidak ada nantinya replanting ke depan bahwa Pemda Melawi akan membantu seratus persen itu tidak ada dan itu tidaklah benar”. Tegas Wakil Bupati Melawi pada sambutannya.

Kluisen juga berharap, petani yang tadinya masih menunda setelah melihat proses replanting bisa berubah pikiran. Ia juga yakin bahwa program ini tidak mungkin membuat rakyat susah, malah sebaliknya akan membuat rakyat sejahtera.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Melawi, H. Heri Iskandar saat diwawancarai media jurnal kapuas melawi.com usai kegiatan tersebut mengatakan program PSR tersebut sangat baik bagi petani kelapa sawit. Menurutnya bantuan pemerintah ini sangatlah menguntungkan petani di tengah Pandemi Covid-19. Ia juga memahami terkait adanya pro dan kontra, namun semua itu pasti ada jalan keluarnya.

H. Heri Iskandar juga mengatakan sebelumnya bahwa Komisi C juga telah menerima surat keberatan beberapa anggota KUD Bale Yotro. Namun ia juga menyayangkan masyarakat yang menolak tidak hadir pada acara penanaman perdana program PSR dengan tujuan agar mendapatkan langsung informasi yang benar terkait PSR ini.

“Harapan saya dari komisi C DPRD Melawi agar masyarakat yang menolak bisa hadir dan mendengar langsung dengan hadirnya kepala Dinas Perkebunan provinsi Kalbar. Untuk mendapatkan informasi yang benar, bukan hanya mengajukan keberatan tetapi tidak hadir”. Pungkasnya.

Penulis : Ade S
Publish : Dk


banner 336x280

Tinggalkan Balasan