Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan Dukung Kegiatan Evaluasi Pasca Pelatihan

banner 120x600

NUNUKAN – KALTIM, JKM | Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Nukukan, Provinsi Kaltim mendukung penuh kegiatan evaluasi pasca pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Rabu, (24/11/2021) lalu.

Evaluasi pasca pelatihan IT bagi penyuluh Pertanian dikabupaten telah dilaksanakan tanggal 24 Nopember 2021 yang lalu, dengan melibatkan seluruh purnawidya yang mengikuti pelatihan pada ankhir bulan juni 2021 yang lalu.

“Tanpa dilakukan evaluasi kita tidak akan mengetahui sejauh mana keberhasilan kegiatan pelatihan, untuk itu kami ingin mengetahui sejauh mana ilmu tersebut telah di gunakan oleh peserta” ujar soleh . 

Menurut keterangan Soleh , widyaiswara BBPP Binuang, selain mengevaluasi kegiatan pelatihan, untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelatihan responden juga diminta uuntuk memberikan saran-saran dan masukan tentang penyelenggaraan pelatihan baik materi, durasi waktu pelatihan dan lain-lain. 

Dalam kesempatan lainnya Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan, Masnadi, S, Hut., M.AP sangat berharap penuh atas terlaksananya kegiatan evaluasi pasca pelatihan yang diselenggarakan oleh BBPP Binuang ini akan dapat selain memberikan gambaran  terhadap penerapan materi pelatihan juga bagi Dinas pertanian akan mendapatkan informasi tentang kendala-kendala penyuluh pertanian terutama purnawidya dalam penerapan materi pelatihan serta kelemahan-kelemahan penyuluh itu sendiri, sehingga menurut Masnadi akan dapat dijadikan dasar untuk perbaikan dari kualitas SDM Penyuluh pertanian di Kabupaten Nunukan.

“Kami sangat senang atas pelaksanaan evaluasi paska pelatihan ini. Harapan kami akan mendapatkan informasi dalam hal penerapan hasil pelatihan juga kelemahan atau kendala dalam penerapan, sehingga akan dapat kami jadikan acuan untuk memperbaiki kualitas SDM penyuluh kami” ujar Masnadi.

Kurniawan Hendarto, S.P yang merupakan salah satu peserta pelatihan menyatakan bahwa pelatihan yang pernah diikuti sangat bermanfaat. 

“Hingga saat ini sering di gunakan dalam rapat-rapat pertemuan dan sangat membantu kami, kesankan kami juga bisa menjadi ” Host Zoom metting”lah, membuat dan mengisi Blog dan lain-lain.  Terima kasih BBPP Binuang, semoga ke depan bisa di adakan lagi pelatihan seperti ini sebagai tambahan ilmu bagi kami di lapangan” ujar Hendarto.

(Soleh/Irfan)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan