Perkuat Food Estate Kapuas, Kementan – Kemendesa Latih Bumdes Untuk Berkorporasi

banner 120x600

KAPUAS – KALTENG, JKM | Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Kalimantan Selatan, menjalin kerjasama ketenagaan pelatihan dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi.

Kerjasama dilakukan pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kawasan Transmigrasi Lamunti Dadahup, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pelatihan ini digelar dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional di kawasan Food Estate, dengan tujuan salah satunya meningkatkan pengetahuan, skill, dan keterampilan dari pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk berkorporasi.

Pelatihan diikuti oleh 150 peserta dari 5 kelas di daerah Kec. Lamunti Dadahup pada tanggal 26 November s.d 02 Desember 2021. Para peserta berasal dari petani yang tinggal di Kec. Dadahup Kab. Kapuas utamanya pengurus Bumdes setempat.

Peserta diajarkan mengenai berbagai materi latihan mengenai keuangan, peningkatan SDM Pengurus, Pengurusan legalitas, Pengurusan Izin usaha, pencarian ide usaha dan materi lain yang dibutuhkan oleh pengurus Bumdes.

Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo (SYL) dalam kesempatan lain pernah berujar bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian yang berkualitas termasuk prioritas Kementerian Pertanian terutama dalam mendukun program Food Estate.

“Tujuannya untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. Untuk itu, pelatihan dalam rangka peningkatan SDM harus terus dilakukan” jelasnya.

Instruktur terdiri dari widyaiswara dari BBPP Binuang, Dinas PDT Provinsi Kalteng, Dinas Transmigrasi Kalteng dan Dosen Universitas Palangkaraya bersinergi guna mewujudkan dan mengimplementasikan kegiatan Peningkatan SDM Bumdes ini.

(Irfan)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan