P4S Kebun Ndeso Samarinda Raih Penghargaan dari BPPSDMP Kementan RI

banner 120x600

SAMARINDA – KALTIM, JKM | Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian telah mengukuhkan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Berprestasi Tingkat nasional. 

Salah satu yang mendapat penghargaan istimewa ini yaitu, P4S Kebun Ndeso. P4S ini berlokasi di Jalan Citanduy RT. 24, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. 

P4S Kebun Ndeso mendapat penghargaan dari Kepala PPSDMP Kementan karena memiliki inovasi,selain sebagai tempat pembelajaran dan permagangan, juga sebagai agroeduwisata. 

Ketua P4S Kebun Ndeso, yang berhasil diwawancarai Tim Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Binuang Jumat, (17/12/2021) mengatakan, “P4S kami memiliki konsep Agroeduwisata, dengan berbagai tanaman seperti jambu air, dan lain-lain”. ungkapnya. 

Kepala BBPP Binuang, Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dalam kesempatan terpisah mengatakan, “Alhamdulillah, salah satu usulan P4S Kami yaitu P4S Kebun Ndeso masuk nominasi sebagai P4S Berprestasi” ungkapnya. 

“P4S Kebun Ndeso memiliki inovasi berupa agroeduwisata yang mampu menggugah minat masyarakat untuk mengenal pertanian” pungkas Yulia. 

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan, pengembangan SDM, salah satunya di upayakan melalui P4S. 

P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok. Selain itu P4S juga berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari, oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan. 

“Hal ini merupakan wujud nyata partisipasi aktif petani, khususnya petani maju yang usahanya layak dicontoh dan ditiru oleh petani lainnya dalam mempercepat penerapan teknologi baru,”ujarnya.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu fokus Kementan. 

“Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,” tegas Mentan Syahrul 

“Kerja-kerja pertanian itu adalah perintah Nabi dan Tuhan. Ia menembus langit, dan lintas transendensi. Menyediakan pangan sebagai sumber kehidupan adalah sesuatu yang mulia,” kata pria yang akrab dipanggil Komandan.

(Adi/Irfan)


banner 336x280

Tinggalkan Balasan